soft-skills-map1

For Staffs

 

For Leaders

Seri Produktivitas Diri

 

SS Map ini adalah pengorganisasian topik SSS (Soft Skills School) untuk mempermudah peserta memilih topik training yang sesuai dengan kebutuhannya. SS Map dibagi atas 3 kategori: For Staffs, For Leaders dan Produktivitas Diri. Dua pembagian pertama dilakukan untuk memilah antara pelatihan untuk staf dan pemimpin. Sementara itu pelatihan dalam produktivitas diri adalah pelatihan yang dikembangkan dengan lebih spesifik berdasarkan satu brand kami, produktivitasdiri.co.id.
Pelatihan untuk staf ada yang bersifat lebih lengkap, berlangsung 2 hari, yang kami sebut Comprehensive Staff Development Training. Sedangkan 2 topik lainnya berlangsung lebih singkat, selama 1 hari dengan fokus yang berbeda. Yang pertama fokus pada pengelolaan diri untuk meningkatkan kinerja, yang kedua pada pengembangan inisiatif dan mengelola prioritas.
Leadership skills dibagi antara general dan spesifik. General terkait dengan modul yang comprehensive dan dibagi lagi berdasarkan levelingnya. Sementara itu, spesifik terkait dengan 4 pengelompokan leadership skills.
Modul-modul yang general dibagi atas dua kelompok berdasarkan leveling kepemimpinan di perusahaan pada umumnya, yaitu supervisor dan manajer.
Untuk level supervisor ada training yang lebih singkat, berlangsung 1 hari: basic supervisory ataupun lebih lengkap, berlangsung 2 hari: comprehensive supervisory.
Untuk manajerial level, ada training yang fokus pada kepemimpinan dan gaya kepemimpinannya, terutama transactional dan transformational (Comprehensive Leadership), atau yang fokus pada kompetensi dan skills yang diperlukan oleh seorang manajer/leader (Comprehensive Managerial & Leaderhsip), irisan diantara kedua modul ini cukup besar, bisa sampai 70 persen dari materi.
Pelatihan-pelatihan dalam 4 area kompetensi/skills dari leader: manajemen diri, manajemen kinerja dan tugas dan manajemen orang/tim, serta topik-topik spesifik yang mempunyai angle yang berbeda, sehingga tidak bisa dikelompokan ke dalam 4 klasifikasi di atas.
Dibagi atas 3 topik pelatihan yang berbeda penekanan. Yang pertama, pada pengelolaan diri untuk meningkatkan kinerja (performance development for leader), lalu pengelolaan diri dan karir, terakhir adalah pengelolaan emosi untuk peningkatan efektivitas sebagai seorang pemimpin.
Topik-topik di dalam kategori ini terkait dengan pengelolaan kinerja dan tugas. Ada 1 topik yang bersifat comprehensive, yaitu: Comprehensive Performance Management yang akan meng-cover ketiga ketrampilan utama: goal setting, coaching dan performance review.
Sementara 3 topik yang lain bersifat lebih spesifik pada seting goal, coaching dan performance review (performance appraisal).
Managing People & Team terdiri atas 4 topik. Topik pertama terkait pada peningkatan kemampuan mempengaruhi dan berkomunikasi. Sedangkan topik kedua terkait pada kemampuan mengelola berbagai seting yang berbeda dalam pengelolaan orang, mulai dari tim dan organisasi. Serta dalam relasi ke atas, ke samping ataupun ke bawah.
Sementara itu, 2 topik pelatihan yang berikut membahas permasalahan yang lebih spesifik, seperti konflik (topik ketiga) dan pendisiplinan staf (topik ke-empat).
Special topics terkait dengan topik-topik pelatihan kepemimpinan dengan perspektif yang khusus. Salah satunya merupakan topik unggulan kami, Transformational Leadership.
Topik lainnya adalah Value Based Leadership yang menekankan pada pembangunan kepemimpinan berdasarkan nilai-nilai Perusahaan.
Dua topik lainnya, terkait pengelolaan tim dan pengembangan kepemimpinan bagi manajer yang baru.
Training-training dalam seri produktivitas diri dikembangkan dari pembahasan saya di blog produktivitas diri. Silakan klik … >> Lari ke MPD