Pelatihan Transformational Leadership didisain berdasarkan konsep dari James MacGregor Burns dan dilanjutkan secara kuantitatif oleh Bernard Bass.    Mereka menemukan akan adanya tipe kepemimpinan yang berbeda pendekatan dari kepemimpinan yang transactional, kepempimpian yang berdasarkan reward dan punishment.  Kepemimpinan Transfromational mentransformasi nilai-nilai dari tim sehingga dicapai kinerja yang superior secara lebih menetap.

Dari hasil penelitiannya, Bass menemukan ada 6 ciri Pemimpin yang Transformational: Mengembangkan Karisma, Mendorong pada yang Ideal, Memberi Inspirasi, Merangsang Intelektual dan Kreativitas, Menenggang Keunikan Individu dan Berusaha Lebih.  Pelatihan ini akan fokus pada pengembangan keenam karakteristik tersebut.

Kami pernah memberikan pelatihan ini secara in house pada sebuah perusahaan telekomunikasi dan sebuah pabrik.  Di dalam pelatihan ini, kami juga menyediakan asesmen transformational leader, yang akan membantu peserta untuk mengetahui posisinya dalam berbagai ciri transformational leader tersebut.  Sekaligus juga membantu perusahaan mengetahui posisi dari leader nya.  Contoh dari hasil asesment transformational leader bisa dilihat disini.  Asesmen ini dikembangkan oleh senior trainer kami, Fajar Wibisono.

Outline

  • Peran Leader di era modern
  • Transformasi Diri yang diperlukan untuk menjadi Transformational Leader
  • Perkembangan Perspektif Leadership sampai dengan Tranformational Leader
  • Mengembangkan Karakter Transformational Leader
    • Mengembangkan Karisma
    • Mendorong pada yang Ideal
    • Memberi Inspirasi
    • Merangsang Intelektual dan Kreativitas
    • Menenggang Keunikan Individu
    • Berusaha Lebih
  • Mendiskusikan hasil asesmen dan mempersiapkan tindak lanjut.

Trainer

Fajar Wibisono

Menekuni dunia pelatihan sejak tahun 1996 dan memiliki pengalaman sebagai HR di ASTRA Group. Penugasan pada berbagai remote area di Sumatera dan Kalimantan Timur memberikannya pelajaran berharga mengenai berinteraksi dengan berbagai orang dengan latar belakang budaya dan pendidikan yang berbeda-beda.

Lulusan Fakultas Psikologi UI ini banyak  menggunakan pendekatan experiential learning dalam berbagai training yang di-deliverynya. Pendekatan ini telah terbukti meningkatkan keefektivan proses belajar mengajar dan membuat suasana kelas nyaman. Untuk meningkatkan pemahaman dalam bidang management science, melanjutkan pendidikan di Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi UI dengan beasiswa penuh dari Sampoerna Foundation

Saat ini menekuni dunia pelatihan sebagai associate consultant  diberbagai company seperti DDI (certified facilitator), TASS Consulting, Inspira, ISDM, MTC dll. Materi-materi yang sering dibawakan adalah materi soft skill dan hard skill  dalam bidang  SDM dan TQM. Telah memberikan berbagai training untuk berbagai latar belakang peserta dan industri diantaranya : Allianz, CNOOC, Bank Mandiri, DBS Bank, TAM, Maersk, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Tirta Investama, Sampoerna, Allianz, BI, ACC, BCA, Indosat dll.

G. Suardhika

Telah hampir 20 tahun, Suardhika terlibat dalam mendisain dan memberikan pelatihan pada area: Supervisory, Kepemimpinan, Manajemen Kinerja, Coaching & Counseling, Motivasi, Komunikasi, Team Building, Manajemen Prioritas dan Waktu, Emotional Intelligence, Program Persiapan Pensiun, Manajemen Produktivitas Diri.  Dia lulus dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan MBA dari IPMI, Jakarta.  Untuk CV yang lengkap mohon klik http://gsuardhika.com/curriculum-vitae-of-g-suardhika-psi-mba/.

Beberapa klien in house training-nya: DHL, 3M, Indomobil, Amoco Mitsui, Equalindo Mining, Total Indonesie, Aqua Danone, General Motors, Tigaraksa, Rekayasa Industri, Indonesia Power, Garuda Indonesia, Mobil 8, Telkomsel, Gramedia, Penerbit Airlangga , Ceva Logistic, Havi Logistic, Pro Logistic, EJIP, Panarub, YKK,  Adis Dimension Footwear, LG Electronics, Colorobia, Asia Pulp & Paper,Thames PAM Jaya, Aqua Danone, Asia Pulp & Paper, Indah Kiat Pulp & Paper, Aneka Tambang, Mega Insurance, Tugu Pratama, Asuransi Bintang, Asuransi MSIG, AIG Lippo, Bank Danamon, Bank Kalbar dan Bank Sumsel, Lido Lake Resort, Hotel Aryaduta Karawaci, ICRAF, The Nature Conservacy.

Saat ini Suardhika rutin menulis di blog http://produktivitasdiri.co.id.
Blog personal beliau ada di http://gsuardhika.com.  Untuk melihat topik lain dari Suardhika silakan klik http://gsuardhika.com/soft-skills-map/