Tugas Pemimpin bisa dibagi dalam 2 aspek besar: mengembangkan sistem dan mengelola orang.  Diantara kedua hal tersebut, mengembangkan sistem, bisa jadi merupakan yang paling terabaikan.

Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, seorang leader perlu memahami apa itu sistem dan bagaimana bekerja dengan sistem.  Proses menerima tugas, mendistribusikan, memonitor dan memastikan tercapainya akan lebih mudah bila aktivitas tersebut berjalan di atas sebuah sistem yang rapi dan berfungsi baik.  Lebih jauh lagi, peningkatan kinerja lebih dapat dipastikan bila ada sistem yang mengarahkan fokus dari usaha, aktivitas dan enerji yang ada.

Pelatihan ini akan memberikan perspektif pada peserta mengenai bagaimana sebuah sistem bekerja dan apa yang dapat dilakukan untuk mengembangkan sistem yang ada.  Setiap leader perlu memahami cara yang sederhana untuk merapikan dan mengembangkan sistemnya, termasuk Job Desc, KPI, SOP, dll.

Job desc yang baik akan memperjelas pekerjaan tim.  KPI akan memberikan fokus dan pendekatan yang sistemik untuk organisasi tumbuh.  SOP akan mendeskripsikan proses kerja dan memberikan standard kinerja yang diinginkan.  Analisa Beban Kerja akan membantu leader untuk memahami apakah tim yang ada under ataukah over capacity.

Outline Pelatihan Understanding & Developing System for Leader

  • Peran sistem yang baik untuk mencapai kinerja optimal dalam bisnis yang kompetitif
  • Melakukan transformasi dari aktivitas berbasis proyek ke aktivitas berbasis sistem
  • Menerjemahkan fungsi dan peran ke dalam sistem: Job Desc, KPI, SOP, dll.
  • Merencanakan pengembangan sistem dan memonitornya
  • Cara sederhana untuk membuat Job Desc, KPI, SOP dan Analisa Beban Kerja

Jadwal Pelatihan

Hari Pertama (Trainer: G. Suardhika)

  • Apa itu sistem dan bagaimana interaksi antar sistem dan orang dalam mencapai kinerja yang diharapkan
  • Peran Leader dalam mengembangkan sistem
  • Menurunkan fungsi dan peran dalam satu posisi ke dalam sistem
  • Latihan merumuskan Fungsi, Proses, KPI dan SOP

Hari Kedua (Trainer: Adil Kurnia)

  • Mengenal struktur organisasi dan proses merumuskan Job Desc secara efektif dan simple
  • Membuat Analisis Beban Kerja secara efektif dan simple:
    • Pengeertian Analisa Beban Kerja
    • Tujuan dan Manfaat Analisa Beban Kerja
    • Pendekatan dan Metode dalam Analisa Beban Kerja

Facilitator

G. Suardhika & Adil Kurnia

G. Suardhika

Telah hampir 20 tahun, Suardhika terlibat dalam mendisain dan memberikan pelatihan pada area: Supervisory, Kepemimpinan, Manajemen Kinerja, Coaching & Counseling, Motivasi, Komunikasi, Team Building, Manajemen Prioritas dan Waktu, Emotional Intelligence, Program Persiapan Pensiun, Manajemen Produktivitas Diri.  Dia lulus dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan MBA dari IPMI, Jakarta.  Untuk CV yang lengkap mohon klik http://gsuardhika.com/curriculum-vitae-of-g-suardhika-psi-mba/.

Beberapa klien in house training-nya: DHL, 3M, Indomobil, Amoco Mitsui, Equalindo Mining, Total Indonesie, Aqua Danone, General Motors, Tigaraksa, Rekayasa Industri, Indonesia Power, Garuda Indonesia, Mobil 8, Telkomsel, Gramedia, Penerbit Airlangga , Ceva Logistic, Havi Logistic, Pro Logistic, EJIP, Panarub, YKK,  Adis Dimension Footwear, LG Electronics, Colorobia, Asia Pulp & Paper,Thames PAM Jaya, Aqua Danone, Asia Pulp & Paper, Indah Kiat Pulp & Paper, Aneka Tambang, Mega Insurance, Tugu Pratama, Asuransi Bintang.

Adil Kurnia

Psikolog dari UI serta mengikuti Program Magister bidang Manajemen SDM dan Profesi Psikologi bidang Industri & Organisasi. Saat ini beliau mengelola Konsultan SDM sendiri sekaligus sebagai Associate Consultant pada beberapa Konsultan SDM & Manajemen. Selama pengalamannya lebih dari 15 tahun baik sebagai konsultan maupun praktisi, beliau banyak memberikan jasa konsultansi, pelatihan dan rekrutmen untuk Departemen, BUMN maupun perusahaan swasta, antara lain Dephub, Depkeu, Deperindag, BPKP, Setjen DPR-RI, PT. Pelabuhan Indonesia, PT. Jasa Marga, PT. Asuransi Jasa Raharja, PT. Asuransi Ekspor Indonesia, PT. Telkom, Hotel Indonesia, Hotel Preanger, PT. Aerowisata, Bank Indonesia, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, PT. Krakatau Steel, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. Kawasan Berikat Nusantara, PD. Pasar Jaya, PT. Matahari Putra Prima, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, PT. Secure Parking, RS. Muhammadiyah. Dengan pendidikan dan berbagai pengalaman yang dimiliki, beliau sangat kompeten dalam memberikan bagaimana mendisain dan menuliskan job description yang tepat sesuai dengan jenis instansi/perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan job description.