Bukan sebuah topik yang baru, tetapi hal ini rasanya tidak berubah dalam lebih dari 1 dekade saya menggeluti dunia pelatihan perusahaan.  Training tetap menjadi pilihan ‘pil mujarab’ untuk bisa mengubah keadaan.  Karyawan Anda kurang termotivasi?  Berikan training motivasi.  Kurang berani mengambil keputusan?  Berikan training pengambilan keputusan.  Dan seterusnya dan seterusnya.

Sulit memang untuk menghindari kecenderungan penyederhanaan masalah seperti di atas.  Karena pendekatan training yang cenderung ‘one shoot’ selalu dilihat dalam keterbatasan frame seperti itu.

Pendekatan Manajemen Kompetensi, berusaha membuat pengembangan kompetensi lebih integratif, namun tentunya memerlukan komitmen dan konsistensi dari semua pihak untuk bisa mewujudkannya.  Disamping itu, sekarang sudah ada training yang dipadu dengan coaching sehingga diharapkan perubahannya lebih relatif permanen.

Apakah trend ini nantinya akan berubah membuat training menjadi lebih integrated dalam pengembangan organisasi secara strategis?  Kembali tergantung pada wawasan dari Manajemen setiap perusahaan.

G. Suardhika
Soft Skills Trainer
Competency Development Trainer